Wavy Tail Batman Begins - Diagonal Resize 2

burung

Rabu, 07 Mei 2014

analisis robert stanton

ANALISIS DRAMA “DOMBA-DOMBA REVOLUSI ”
KARYA B. SOELARTO MENGGUNAKAN PENDEKATAN STRUKTURALISME FIKSIONAL ROBERT STANTON
Oleh : Muhammad Alfian Tuflih

Teori Struktural Robert Stanton
Adapun teori struktural yang digunakan untuk menganalisis adalah teori struktural Robert Stanton. Stanton membagi unsur intrinsik fiksi menjadi dua bagian, yaitu: fakta cerita dan sarana cerita. Ia membagi unsur fakta cerita menjadi empat, yaitu alur, tokoh, latar, dan tema. Sedangkan sarana cerita terdiri dari judul, sudut pandang, gaya bahasa dan nada, simbolisme, dan ironi.

Fakta Cerita
Karakter, alur, dan latar merupakan fakta-fakta cerita. Elemen-elemen ini berfungsi sebagai catatan kejadian imajinatif dari sebuah cerita. Jika dirangkum menjadi satu, semua elemen ini dinamakan „struktur faktual atau „tingkatan faktual cerita. Struktur faktual merupakan salah satu aspek cerita. Struktur faktual adalah cerita yang disorot dari satu sudut pandang (Stanton, 2007:22). Unsur-unsur yang berkaitan dengan fakta cerita adalah sebagia berikut:

1.      Alur
Secara umum, alur merupakan rangkaian peristiwa-peristiwa dalam sebuah cerita. Istilah alur biasanya terbatas pada peristiwa-peristiwa yang terhubung secara kausal saja. Peristiwa kausal merupakan peristiwa yang menyebabkan atau yang menjadi dampak dari berbagai peristiwa lain yang tidak dapat diabaikan karena akan berpengaruh pada keseluruhan karya (Stanton, 2007:26).
Alur merupakan tulang punggung cerita. Berbeda dengan elemen-elemen lain, alur dapat membuktikan dirinya sendri meskipun jarang diulas panjang lebar dalam sebuah analisis. Sebuah cerita tidak akan pernah seutuhnya dimengerti tanpa adanya pemahaman terhadap peristiwa-peristiwa yang mempertautkan alur, hubungan kausalitas, dan keberpengaruhannya. Sama halnya dengan elemen-elemen lain, alur alur memiliki hukum-hukum sendir; alur hendaknya memiliki bagian awal, tengah, dan akhir yang nyata, meyakinan dan logis, dapat menciptakan bermacam-macam kejutan, dan memunculkan sekaligus mengakhiri ketegangan-ketegangan (Stanton, 2007:28).
Dua elemen dasar yang membangun alur adalah konflik dan klimaks. Konflik utama selalu bersifat fundamental, membenturkan sifat-sifat dan kekuatan-kekuatan tertentu. (Stanton, 2007:32).
Menurut Soediro Satoto, 1996: 28-29 sorot balik (flashback), yaitu urutan tahapannya dibalik seperti halnya regresif. Teknik flashback jelas mengubah teknik pengaluran dari yang progresif ke regresif. Berbeda dengan teknik tarik balik (backtracking), jenis pengalurannya tetap progresif, hanya saja pa da tahap-tahap tertentu, peristiwanya ditarik ke belakang. Jadi yang ditarik kebelakang hanya peristiwanya (mengenang peristiwa yang lalu) tetapi alurnya tetap alur maju atau progresif.
Dalam drama “Domba-domba Revolusi” karya B. Soelarto ini alur yang digunakan adalah alur maju. Cerita berjalan sesuai dengan langkah-langkhanya. Dumulai dari perkenalan, konflik awal, puncak konflik, klimaks, dan penyelesaian. Perkenalan dimulia ketika Perempuan (pemilik) losmen kedatangan tamu-tamu dari luar (penyair, pedagang, petualang, dan politikus). Kemudian terjadi konflik awal antara masing-masing tokoh yang memiliki karakter berbeda. Puncak konflik terjadi saat Perempuan mencoba memberikan tanda pada penyair yang menutarakan rasa cintanya. Berlajut dengan kedatangan kembali petualang setelah berhasil menyingkirkan kuedua rekan komplotannya (pedangang dan politisi). Klimaks nya ketika petualang juga mencoba menipu perempuan, seperti yang ia lakukakan pada kedua teman komlotannya. Terakhir, penyelesaian pada darama ini ketika si perempuan membunuh serdadu dan mencoba membunuh petualang yang dianggapnya sebagai pengkhianat bangsa.  Alur maju memang sangat cocok digunakan pada drama yang bergenre semiaction ini. Alur maju mempermudah penonton untuk memahami dan menarik amanat  pada drama ini. Secara tekstual, alur maju juga mempermudah pembaca untuk memberikan interpretasi terhadap teks yang dikajinya.
2.      Tokoh atau Karakter
Tokoh atau biasa disebut „karakter biasanya dipakai dalam dua konteks. Konteks pertama, karakter merujuk pada individu-individu yang muncul dalam cerita. Konteks kedua, karakter merujuk pada berbagai percampuran dari berbagai kepentingan, keinginan, emosi, dan prinsip moral dari individu-individu tersebut. Dalam sebagian besar cerita dapat ditemukan satu “tokoh utama yaitu tokoh yang terkait dengan semua peristiwa yang berlangsung dalam cerita. Alasan seorang tokoh untuk bertindak sebagaimana yang dilakukan dinamakan „motivasi (Stanton, 2007:33).
Pada drama “Domba-domba Revolusi” karya B. Soelarto ini ada enam tokoh utamanya. Masing-masing adalah Perempuan, Penyair, Petualang, Pedagang, Politikus, dan Serdadu. Tokoh Perempuan mewakili karakter pejuang perempuan. Dalam drama ini, perempuan memiliki sifat yang begitu keras dan tidak akut terhadap ancaman dari laki-laki. Hal inilah yang kemudian membawa perempuan menajdi tokoh sentral dalam drama ini. Tokoh selanjutnya adalah penyair. Sosok yang digambarkan sebagai manusia yang tidak jelas dan agak “ugal-ugalan” dari penampilnnya. Namun, penampilanya itu bertolah belakng dengan sikapnya. Dibandingkan tokoh lain yang digambarkan dengan penampilan nasionalis, sosok penyair justru lebih. Ia membawa sebuah paradigma baru bahwa tidak selamanya sesuatu yang diluarnya jelek itu, mewakili isi dalamnya. Buktinya penyair yang diluarnya jelek, namun di dalam hatinya begitu mulia dan sangat nasionalis.
Tokoh selanjutnya adalah Petualang. Dalam drama ini, sosok antagonis sangat tepat disarangkan pada tokoh ini. Kelicikanya begitu terlihat pada drama ini. Sosok berikutnya adalah pedagang dan politikus. Kedua tokoh ini memiliki pean yang sama. Keduanya sama-sama menjadi “tameng” untuk melancarkan niat busuk Petualang. Dan akhirnya, kedua tokoh ini harus meninggal karena kebodohannya. Tokoh selanjutnya yang merupakan tokoh pelangkap adalah serdadu. Perannya kurang terlihat pada drama ini. Fungsinya lebih menjurus untuk mewakili sikap bangsa penjajah yang suka “menikmati” perempuan Indonesia.
Kelebihan pada drama ini terletak pada kemampuan penulis memainkan karakter tokoh. Penulis mampu menganalogikan antara tokoh pada drama dengan realitas. Dalam drama ini, tokoh-tokoh yang ada mewakili realitas orang-orang yang ada pada masa perjuangan merebut kemerdekaan. Ada yang nasionalis dan ada pula yang hanya mementingkan dirinya sendiri.

3.      Latar
Latar adalah lingkungan yang melingkupi sebuah peristiwa dalam cerita, semesta yang berinteraksi dengan peristiwa-peristiwa yang sedang berlansung. Latar dapat berwujud dekor. Latar juga dapat berwujud waktu-waktu tertentu. Latar terkadang berpengaruh pada karakter-karakter. Latar juga terkadang menjadi contoh representasi tema. Dalam berbagai cerita dapat dilihat bahwa latar memiliki daya untuk memunculkan tone dan mode emosional yang melingkupi sang karakter. Toneemosional ini disebut dengan istilah „atmosfer. Atmosfer bisa jadi merupakan cermin yang merefleksikan suasana jiwa sang karakter (Stanton, 2007:35-36).
Latar yang digunakan pada drama ini kurang sesuai jika coba menggambarkan keadaan mempertahankan kemerdekaan. Pada drama ini, settingnya dilakukan di dalam sebuah losmen tua. Tidak terlalau banyak interaksi dengan lingkungan yang menggambarkan perang kemerdekaan. Hanya desing peluru dan bom yang ada, itupun terjadi diluar losmen. Hal ini membuat drama ini kurang menarik namun inti nya masih dapat dipetik. Fokus drama ini memang sebatas doktrin nasionalis yang ditonjolkan, bukan pada settingnya.

4.      Tema
Tema merupakan aspek cerita yang sejajar dengan „makna dalam pengalaman manusia; sesuatu yang menjadikan suatu pengalaman begitu diingat (Stanton, 2007:36).
Tema membuat cerita lebih terfokus, menyatu, mengerucut, dan berdampak. Bagian awal dan akhir akan menjadi pas, sesuai, dan memuaskan berkat keberadaan tema (Stanton, 2007:37).
Tema hendaknya memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:
a. Interpretasi yang baik hendaknya selalu menpertimbangkan berbagai detail menonjol dalam sebuah cerita. Kriteria ini adalah yang paling penting.
b. Interpretasi yang baik hendaknya tidak terpengaruh oleh berbagai detail cerita yang saling berkontradiksi.
c. Interpretasi yang baik hendaknya tidak sepenuhnya tidak bergantung pada bukti-bukti yang tidak secara jelas diutarakan (hanya secara implisit).
d. Terakhir, interpretasi yang dihasilkan hendaknya diujarkan secara jelas oleh cerita bersangkutan (Stanton, 2007:44-45).
Pada aspek tema, sepertinya tidak ada hal yang perlu di kritisi. Drama ini sudah sesuai dengan teman yang telah di konstruksi oleh penulisnya. Secara keseluruhan, drama ini bertemakan para pengkhiat dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

Sarana Cerita
Sarana-sarana sastra dapat diartikan sebagai metode (pengarang) memilih dan menyusun detail cerita agar tercapai pola-pola yang bermakna. Metode semacam ini perlu karena dengannya pembaca dapat melihat berbagai fakta melalui kacamata pengarang, memahami apa maksud fakta-fakta tersebut sehingga pengalaman pun dapat dibagi (Stanton, 2007:46 47).

1.      Judul
Judul berhubungan dengan cerita secara keseluruhan karena menunjukkan karakter, latar, dan tema. Judul merupakan kunci pada makna cerita. Sering kali judul dari karya sastra mempunyai tingkatan-tingkatan makna yang terkandung dalam cerita. Judul juga dapat berisi sindiran terhadap kondisi yang ingin dikritisi oleh pengarang atau merupakan kesimpulan terhadap kedaan yang sebenarnya dalam cerita (Stanton, 1965:25-26)
Dalam drama “Domba-domba Revolusi” karya B. Soelarto ini judul yang digunakan sangat menarik. Penulis memilih kata domba untuk mewakili karakter. Domba memnag sering digunakan untuk menganalogkan sesuatu yang multi karakter. Seperti istilah serigala berbulu domba. Secara hermeneutik, domba juga dipilih karena domba merupakan hewan yang berbulu tebal. Sehingga kita tidak tahu apa yang ada dibalik bulu domba itu, apakah baik atau buruk. Seperti yang tergambar pada karakter tokoh dalam drama ini.

2.      Sudut Pandang
Stanton dalam bukunya membagi sudut pandang menjadi empat tipe utama. Pertama, pada „orang pertama-utama sang karakter utama bercerita dengan kata-katanya sendiri. Kedua, pada „orang pertama-sampingan cerita dituturkan oleh satu karakter bukan utama (sampingan). Ketiga, pada orang ketiga-terbatas pengarang mengacu pada semua karakter dan emosinya sebagai orang ketiga tetapi hanya menggambarkan apa yang dilihat, didengar, dan dipikirkan oleh satu karakter saja. Keempat, padaorang ketiga-tidak terbatas pengarang mengacu pada setiap karakter dan memposisikannya sebagai orang ketiga. Pengarang juga dapat membuat beberapa karakter melihat, mendengar, atau perpikir atau saat tidak ada satu karakter pun hadir.
Pada drama“Bapak” karya L. Soelarto ini penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga terbatas. Artinya, penulis tidak sepenuhnya mengetahui tentang semua seluk beluk dalam drama ini. Ini terlihat ketika pembaca tidak mengetahui ternyata tokoh anagonis dalah petualang dengan segala kelicikannya. Begitu pula yang terjadi pada tokoh perempuan yang ternyata merupakan ibu tiri dari tokoh penyair.

3.      Gaya dan Tone
Dalam sastra, gaya adalah cara pengarang dalam menggunakan bahasa. Meski dua orang pengarang memakai alur, karakter dan latar yang sama, hasil tulisan keduanya bisa sangat berbeda. Perbedaan tersebut secara umum terletak pada bahasa dan penyebar dalam berbagai aspek seperti kerumitan, ritme, panjang-pendek kalimat, detail, humor, kekonkretan, dan banyaknya imaji dan metafora. Campuran dari berbagai aspek di atas (dengan kadar tertentu) akan menghasilkan gaya (Stanton, 2007:61).
Satu elemen yang amat terkait dengan gaya adalah „toneTone adalah sikap emosional pengarang yang ditampilkan dalam cerita. Tone bisa menampak dalam berbagai wujud, baik yang ringan, romantis, ironis, misterius, senyap, bagai mimpi, atau penuh perasaan (Stanton, 2007:63). Tone pada drama ini sangat terlihat pada karater semua tokoh pada drama ini.semua tokoh memainkan karakternya masing-masing mewakili realitas yang ada. Hal ini membuat keseimbangan pada drama ini.



4.      Simbolisme
Dalam fiksi, simbolisme dapat memunculkan tiga efek yang masing-masing bergantung pada bagaimana simbol bersangkutan digunakan. Pertama, sebuah simbol yang muncul pada satu kejadian penting dalam cerita menunjukkan makna peristiwa tersebut. Dua, simbol yang ditampilkan berulang-ulang mengingatkan kita akan beberapa elemen konstan dalam semesta cerita. Tiga, sebuah simbol yang muncul pada konteks yang berbeda-beda akan membantu kita menemukan tema (Stanton, 2007:65).
Salah satu bentuk simbol yang khas adalah „momen simbolis. Istilah ini dapat disamaan dengan „momen kunci atau „momen pencerahan (dua istilah ini sering dipakai oleh para kritisi). Momen simbolis, momen kunci, atau momem pencerahan adalah tabula tempat seluruh detail yang terlihat dan hubungan fisis mereka dibebani oleh makna (Stanton, 2007:68).
Pada drama ini, tidak terlalu banyak symbol yang digunakan. Berbeda dengan konsep drama turgi yang kaya akan symbol. Drama ini lebih mengutkan dirinya pada karakter dan alur. Dalam analisa penulis, bahkan tidak ada symbol yang digunakan.

5.      Ironi
Secara umum, ironi dimaksudkan sebagai cara untuk menunjukkan bahwa sesuatu berlawanan dengan apa yang telah diduga sebelumnya. Ironi dapat ditemukan dalam hampir semua cerita (terutama yang dikategorikan „bagus). Dalam dunia fiksi, ada dua jenis ironi yang dikenal luas yaitu „ironi dramatis dan „tone ironis (Stanton, 2007:71).
„Ironi dramatis atau ironi alur dan situasi biasanya muncul melalui kontras diametris antara penampilan dan realitas, antara maksud dan tujuan seorang karakter dan hasilnya, atau antara harapan dengan apa yang sebenarnya terjadi. Pasangan elemen-elemen di atas terhubung satu sama lain secara logis (biasanya melalui hubungan kausal atau sebab-akibat) (Stanton, 2007:71). „Tone ironis atau „ironis verbal digunakan untuk menyebut cara berekspresi yang mengungkapkan makna dngan cara berkebalikan (Stanton, 2007:72).
Berbicara mengenai ironi, drama ini tak perlu diragukan lagi. Diantara eleman-eleman lainnya, kekutaan drama ini terletak pada Ironi yang berhasil dimainkan penulisnya. Ada banyak ironi pada drama ini yang bisa dinikmati pembaca. Mlai dari politisi yang seharusnya menjadi pembela bangsa, justru mau mengkhiatai bangsanya. Begitu juga dengan pedagang yang ternyata hanya setengah hati dan tidak ikhlas menymbangkan hartanya demi kemerdekaan. Kemudian pada penyair yang justru dalam relaits digambarkan sebagai seorang yang tidak jelas, justru dalam drama ini merupakan pahlawan yang sebenarnya. Hal ini menjadi kelebihan dari drama ini.

REFERENSI

Suyoto, Agustinus. 2009. Dasar-dasar Apresiasi Drama. Yogyakarta: SMA Stella Duce
Lestari, L.A. dan Wahab, A. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Jogjakarta: Airlangga University Press.
Soelarto, B.. 1985. Lima Drama. Jakart: PT Gunung Agung
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa .1993. Kamus Besar Bahasa Indoneisa edisi kedua. Jakarta: Balai Pustaka.
Suguhastuti dan Rosi Abi. 2007. Teori Fiksi Robert Stanton. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Waluyo, Herman J. 2001. Drama: Teori dan Pengajarannya. Jogjakarta: Graha Hanindita.



Unsur Intrinsik Cerpen As-Sahmu
Karya Naguib Mahfouz
Analisis Strukturalisme Robert Stanton


A.    Pendahuluan
Makalah ini dibuat untuk membuktikan nilai estetika internal yang terdapat dalam cerpen السهم  (anak panah)[1] karya Najib Mahfudz, dengan menggunakan teori strukturalisme Robert Stanton.
Dalam melakukan analisis untuk membongkar dan mengidentifikasi unsur-unsur cerpen As-saham ini, Robert Stanton membagi elemen-elemen intrinsik menjadi empat bagian yaitu: pertama fakta cerita, meliputi : alur, tokoh dan latar; kedua, sarana cerita, meliputi : judul, sudut pandang, gaya bahasa dan nada, simbolisme dan ironi; dan ketiga tema[2].
Melalui tema dan karakterisasi tokoh kita akan banyak mengungkap fakta cerita dan pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang[3]. As-Saham karya Najib Mahfudz merupakan sebuah kisah penggambaran kondisi mayarakat Mesir, yang pada saat itu tengah terjadi polemik kekuasaan dan gejolak sosial kemanusiaan. Mahfudz menggambarkan dan menganalogikan kondisi tersebut dengan jelas melalui penamaan dan karakter tokoh, setting (waktu dan tempat), alur cerita, sudut pandang (point of view), gaya bahasa dan tema.

B.     Pembahasan
Sesuai dengan teori yang kita gunakan, dalam mengidentifikasi unsur-unsur internal cerpen As-saham ini kita akan memulai dari latar cerita terlebih dahulu. Menurut Stanton, analisis dimulai dengan menentukan latar cerita terlebih dahulu. Stanton berpendapat, ketika sudah diketahui latarnya maka unsur-unsur pembangun lain dalam cerita tersebut akan mudah diketahui dengan sendirinya, karena pada dasarnya semua unsur tersebut saling terkait satu sama lain.[4]
Lingkungan yang  melingkupi peristiwa dalam cerita (latar tempat) cerpen ini adalah: benteng tua dekat distrik ( الصحن القديم)[5], hampir semua  kejadian dari cerita dalam cerpen ini terjadi disekitar benteng tua tersebut, seperti peristiwa pembunuhan Zain Barkah. Kemudian untuk latar waktu dalam cerpen itu adalah pagi hari atau perayaan atau hari peringatan kemerdekaan, nampak dari kata ini:  ( في يوم السوق - الصباح)[6].
Alur yang dibangun dalam cerpen As-saham ini adalah alur regresif atau alur maju dengan teknik bercerita teknik balik ( flashback). Karena cerpen ini dimulai  dengan pengisahan sebuah peristiwa pembunuhan yang menimpa seorang Mu’allim bernama Zain Barkah, beberapa waktu lalu. Yang diulas oleh salah satu tokoh dalam cerita tersebut (Syekh al-Haroh), bagaimana, dimana, dan seperti apa korban    terbunuh diceritakan kembali secara detail.
Dalam cerpen ini terdapat satu tokoh utama yang menjadi sentral penceritaan yaituزين البركه (seorang Mua’alim/Guru)[7]. Untuk karakterisasi penokohan sendiri, cerpenالسهم  (anak panah) karya Najib Mahfudz, selain disampaikan melalui tuturan pengarang, penampilan tokoh, juga  melalui karakterisasi nama tokoh itu sendiri. Nama tokoh dalam suatu karya sastra sering digunakan untuk mengungkapkan ide, gagasan, memperjelas serta mempertajam perwatakan tokoh.[8] Dalam cerpen ini, para tokoh diberikan nama yang menggambarkan karakteristik yang membedakannya dengan tokoh lain.

Tokoh sentral dalam cerpen ini yaitu زين البركه memiliki karakter tokoh sebagai seorang martir kebenaran yang diperkuat dengan karakter yang melekat padanya, seperti: baik  (زين), penolong (البركه), pengajar (عالم), dikuasai (ملك), relawan (معلم), orang yang pintar (معلم), rendah hati ( ركب الحمر), miskin (فوق الحمر). Tokoh ini masuk dalam perwatakan tokoh sederhana (simple/flat character), yaitu hanya memiliki satu kualitas pribadi, tidak mengalami perubahan watak, tidak memiliki sifat dan tingkah laku yang dapat memberikan efek kejutan bagi pembaca.
Karakter yang tergambar dari sosok Zain Barkah(زين البركه), yang dapat disimpulkan bahwa zain barkah ini adalah seorang pejuang kebenaran yang berusaha mempertahankan tradisi keilmuan tradisional.
زين البركه  merupakan gambaran seorang mualim yang sederhana yang teguh menegakkan panji-panji kebenaran. Sosok yang sabar dan rendah hati meski telah diberitakan tidak baik oleh pihak-pihak yang merasa terganggu dengan keberadaannya. Sampai akhirnya ia terbunuh.
Selain tokoh utama, kisah dalam cerpen ini diperkuat oleh kehadiran beberapa tokoh pendukung seperti : شيخ الحارة . Tokoh ini menjadi tokoh yang paling menonjol dengan karakter dan otoritasnya sebagai pemimpin yang diktator.  yang diperkuat dengan karakter yang melekat padanya yaitu: pemarah ( ضيّق الخلق), sok tahu  ( عارف). penguasa ( مالك), suka berprasangka (ظنّ), tidak pendendam (لم يضنّ), dibenci ( كراهية), peduli ( وحملو معلم ثم جعل يفحص المعلم منكبا).  شيخ الحارة merupakan gambaran sosok penguasa yang memiliki otoritas tinggi dalam menentang berbgai hal yang tidak sesui dengan pandangan hidupnya. Sikapnya yang diktator dan senang menekan orang-orang lemah, membuatnya ditakuti orang-orang.
Tokoh pendukung lainnya: لأم بسيمه [9] dengan karakternya sebagai seorang perempuan baik-baik {ramah/murah senyum (بسيمه), baik راجعة من توليد امرأة),jujur (التصديق), penolong (راجعة من توليد امرأة), dikuasai ( ما لك)}, kemudian شيخ لأرضان [10]sebagai penguasa alam gaib yang memiliki karakter {tahu (عالم), penolang  (تطوع), jujur (التصديق), dapat dipercaya (أمنة)}, dan  أهل العمر والخبرة [11]sebagai penguasa ilmu dunia dengan karakter {penolong (تطوع), jujur (التصديق), tahu (عالم), dapat dipercaya (أمنة). Tokoh-tokoh ini hanya sebagai tokoh pendukung untuk memainkan dan memperjelas karakter tokoh-tokoh sentral.
Sudut pandang atau point of view atau gaya bercerita cerpen ini adalah gaya bercerita orang ketiga tidak terbatas (pengarang mengacu pada karakter dan memposisikanya sebagai orang ke tiga). Yaitu si pengarang memilih seorang tokoh dan ceritera, dengan demikian si tokoh menyampaikan visinya sendiri.[12] Hal ini dapat dibuktikan dari teks, yaitu berupa ungkapan paragraf pertama (وكان أعجب ما أسفر عنه البحث اللأولى أنّالمعلم قتل بسهم أصابه في القلب )  penulis memposisikan dirinya sebagai dalang (orang yang memainkan cerita).
Gaya bahasa adalah cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis (pemakai bahasa).[13] Cerpen ini menggunakan beberapa diksi dan gaya bahasa, diantaranya: pertama, metafora yaitu semacam analogi yang membandingkan dua hal secara langsung.[14]
Dapat kita lihat dalam kalimat ini (سنرا الفاسقين عرايا تحت الشمس- وما جت الأرض بالمسومات والغزل ولشتام ).[15]
Kedua, simbol. Simbol dapat muncul dalam tiga efek, pertama muncul pada suatu kejadian penting dalam cerita menunjukan makna peristiwa tersebut.[16]  Seperti contoh berikut: anak panah yang merupakan alat yang digunakan pelaku untuk membunuh korban juga diartikan sebagai simbol alat pertahanan negara (السهم  ).  Kedua simbol ditampilkan berulang-ulang mengingatkan kita akan beberapa elemen konstan dalam semesta cerita.[17] Sepert nama-nama yang digunakan dalam tokoh cerita : زين البركه - شيخ الحارة -  simbol tersebut muncul berulang-ulang. Ketiga, sebuah simbol akan mencul berbeda-beda akan membantu kita menentukan tema.[18] Seperti beberapa simbol berikut: simbol ilmu pengetahuan (أهل العمر والخبرة), simbol ilmu agama (شيخ رمضان).  simbol masyarakat biasa (potret seorang guru) : فوق الحمر  زين البركه, simbol kekuatan dan kekuasaan negara (الصحن القديم), simbol tempat berkumpulnya orang dari berbagai kalangan (مقهى).
Berdasarkan komponen unsur-unsur yang telah diuraikan diatas, serta isi dari keseluruhan dalam cerita  As-saham,  tampak sebuah pesan atau tema yang tersirat. Cerpen ini mengangkat tema yang berkaitan dengan “pertarungan antara kelompok nasionalis (yang diwakili oleh karakterisasi Al-haroh) dengan kalangan tradisionalis (yang diwakili oleh karakterisasi Barkah)”. Hal ini nampak dari nilai-nilai yang dibangun oleh karakter tokoh utama seperti nilai kesetiaan, perjuangan, keberanian dan harga diri. Karena tema merupakan pokok pembicaraan dalam sebuah cerita atau dapat juga berarti pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang.[19]







C.    Kesimpulan
Kesimpulan yang bisa kita tarik dari tulisan cerpen As-saham karya Najib mahfudz, yang menggunakan teori strukturalisme Robert Stanton sebagai kerangka berpikirnya adalah pesan yang ingin disampaikan oleh penulis akan terlihat dari tema dan karakter-karakter tokoh yang dimainkan didalam cerita ini. karena inilah salah satu kelebihan teori struktural. Kita dapat melihat nilai keindahan karya sastra dalam cerita ini secara utuh dan menyeluruh. Cerita tersebut merupakan gambaran perlawanan kalangan terdidik (cendekiawan) kepada kalangan kaum nasionalis (penguasa pemerintahan).



















Daftar Pustaka
Guntur Tarigan Henry, 2009, Pengajaran Gaya Bahasa,Bandung: Percetakan Angkasa.

Keraf Gorys, 2004. Diksi dan Gaya Bahasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama .

Minderop Albertine, 2005. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi,Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Rohani Adi Ida, 2011, Fiksi Populer Teori dan Metode kajian,Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Stanton Robert, 2007, Teori Fiksi Robert  Stanton.  Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

نجيب محفوظ,1997, السهم, القاهرة: الهيئة المصرية العا مة للكتاب   



[1] نجيب محفوظ, السهم, القاهرة: الهيئة المصرية العا مة للكتاب, 1997 , الصفحة 290
[2] Robert  Stanton. Teori Fiksi Robert Stanton, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2007,Hal
[3] Ida Rohani Adi, Fiksi Populer Teori dan Metode kajian,Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2011.Hal.44
[4] ibid
[5] 293 نجيب محفوظ, السهم, القاهرة: الهيئة المصرية العا مة للكتاب, 1997 , الصفحة  
[6] Ibid hal 294
[7]291 نجيب محفوظ, السهم, القاهرة: الهيئة المصرية العا مة للكتاب, 1997 , الصفحة  
[8] Albertine Minderop, Metode Karakterisasi Telaah Fiksi,Jakarta: Yayasan Obor Indonesia,2005,Hal.8
[9] Ibid hal 292
[10] Ibid
[11] Ibid hal293
[12] Albertine Minderop, Metode Karakterisasi Telaah Fiksi,Jakarta: Yayasan Obor Indonesia,2005,Hal.90
[13] Henry Guntur Tarigan, Pengajaran Gaya Bahasa,Bandung: Percetakan Angkasa, 2009,Hal.5
[14] Gorys Keraf, Diksi dan Gaya Bahasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004,Hal.139
[15] نجيب محفوظ, السهم, القاهرة: الهيئة المصرية العا مة للكتاب, 1997 , الصفحة 294
[16] Robert  Stanton. Teori Fiksi Robert Stanton, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2007,Hal.65
[17] Ibid,
[18] Ibid,
[19]  Ida Rohani Adi, Fiksi Populer Teori dan Metode kajian,Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2011.Hal.44


Tidak ada komentar:

Posting Komentar