PASAR PERSAINGAN
SEMPURNA
![]() |
NAMA KELOMPOK
1.
DEDI ANJAR WIBOWO
2.
MUHAMMAD ISA
3.
ANI ASMARANI
4.
JAKA PURWANTO
MANAJEMEN PAGI D
FAKULTAS EKONOMI
MANAJEMEN
UNIVERSITAS PEKALONGAN
Daftar isi
Cover i
Daftar isi ii
Kata pengantar iii
A.Definisi
Pasar Persaingan Sempurna 1
B.Ciri – ciri
Pasar Persaingan Sempurna 2
C. Empat kemungkinan kedudukan
kegiatan perusahaan 3
D.Kebaikan
dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna 4
E.Contoh
Produk Yang Dijual 6
F. Kebaikan Dan Keburukan 7
Kesimpulan 9
Penutup 10
Daftar
Pustaka 11
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat
Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahnat, sehingga kami dapat menyelesaikan
penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga
makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun
pedoman bagi pembaca dalam pasar persaingan sempurna.
Harapan saya semoga
makalah ini membantu menambah pengetahuan dan inovasi bagi para pembaca,
sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga
kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini kami akui
masih ada beberapa kekurangan karena ada beberapa bahan yang kurang. Oleh
kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan
yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
A.
Definisi
Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna (penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang
dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk
terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan rfect competition)
adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang
sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui
mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran
dan permintaan
sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan
hanya berperan sebagai peapakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen
B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan
pengaruh terhadap penjualan produk.
Dalam pasar persaingan sempurna jumlah
perusahaan sangat banyak dan kemampuan setiap perusahaan dianggap sedemikian
kecilnya, sehinga tidak mampu mempengaruhi pasar. Beberapa karakteristik agar
sebuah pasar dapat dikatakan pasar persaingan sempurna yaitu :
- Semua perusahaan memproduksi barang/produk yang
homogenitas. Produk yang homogen adalah produk yang mampu memberikan
kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa
produsennya.
- Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan atau
informasi yang sempurna. Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen)
memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual
sehingga konsumen tidak akan mengelami perlakuan harga jual yang berbeda
dari suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
- Output sebuah perusahaan relative kecil
dibandingkan dengan output pasar. Jumlah output setiap perusahaan secara
inividu dianggap relative kecil dibandingkan dengan jumlah output seluruh
perusahaan dalam industri.
- Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar
dengan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan
pasar karena perusahaan tidak mampu mempengaruhi harga pasar.
- Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar,
hal ini disebabkan oleh adanya faktor mobilitasnya tidak terbatas dan tak
ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memindahkan faktor produksi.
B. Ciri – ciri
Pasar Persaingan Sempurna
a. Perusahaan adalah price taker
Price taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan
yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa
pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas
harga pasar yang berlaku. Harga pasar ditentukan oleh interaksi antara
keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual.
b. Tiap perusahaan mudah keluar atau masuk
Sekiranya perusahaan rugi,dan ingin meninggalkan industri
tersebut,maka langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada
perusahaan yang ingin melakukan kegiatan di industri itu,produsen dengan mudah
melakukan kegiatan yang diinginkannya.
c. Menghasilkan barang homogen
Maksudnya adalah tidak terdapat perbedaan yang nyata
diantara barang-barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan perusahaan
lainnya. Sehingga barang-barang ini tidak mudah dibeda-bedakan.
Karenanya,pembeli tidak dapat membedakan manakah produksi dari perusahaan A dan
manakah produksi dari perusahaan B.
d. Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
Dalam pasar persaingan sempurna ini dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Tapi dimisalkan juga kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut. Dampaknya,para produsen tidak bisa menjual produknya dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.
Dalam pasar persaingan sempurna ini dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Tapi dimisalkan juga kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut. Dampaknya,para produsen tidak bisa menjual produknya dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.
e. Peran promosi dalam pasar persaingan ini tidak begitu sempurna karena
banyak penjual yang menjual barang yang sama
f.
Informasi dalam pasar pesaingan
sempurna tidak begitu sempurna dikarenakan penjual cenderung mengambil
keputusan sendiri dalam mengambil suatu keputusan. Contoh : penjual dalam
menaikkan harga barang tidak melakukan sepihak melainkan melakukannya sendiri.
g. Hambatan perusahaan masuk kedalam pasar yaitu terlalu banyaknya
perusahaan yang menjual barang yang sama, selisih harga yang yang berbeda
Sumber : http://id.shvoong.com/business-management/1971685-ciri-ciri-pasar-pesaingan-sempurna/#ixzz1OSjNZGjY
C. Empat
kemungkinan kedudukan kegiatan perusahaan
a. Mendapat
keuntungan luar biasa
Perusahaan
mendapat untung luar biasa apabila harga (P) lebih tinggi dari biaya rata-rata
minimum (AC), sehingga perusahaan masih mendapatkan keuntungan per unit. Untuk
memperoleh keuntungan total dapat dilakukan dengan menalikan keuntungan per
unit dengan total output yang dijual oleh produsen.
b. Mendapat keuntungan normal
Perusahaan
mendapat keuntungan normal apabila total penerimaan persis sama dengan total
biayanya atau keuntungan sama dengan nol. Kondisi ini terjadi saat harga (P)
sama dengan biaya rata-rata (AC) minimum. Pada kondisi ini dikatakan perusahaan
mempunyai keuntungan normal karena perusahaan masih dapat menikmati keuntungan
karena memiliki aset biaya tetap.
c. Perusahaan
mengalami kerugian, tetapi masih dapat membayar biaya variabel
Perusahaan
dapat dikatakan mengalami kerugian tetapi masih dapat membayar biaya variabel,
apabila posisi harga berada dibawah AC dan diatas AVC. Artinya pada posisi
tersebut, perusahaan memperoleh hasil penjualan tetapi kelebihan tersebut belum
dapat menutup semua biayanya. Dalam keadaan seperti ini perusahaan akan
meneruskan usahanya karena bila tidak akan mengalami kerugian lebih besar yaitu
sebesar biaya tetap.
d. Perusahaan
berada pada titik gulung tikar
Perusahaan
berada pada titik gulung tikar apabila harga yang terbentuk sama dengan biaya
variabel atau P=AVC. Pada posisi ini kerugian perusahaan amat besar karena
hasil penjualan kurang dari biayanya.
D. Kebaikan dan
Keburukan Pasar Persaingan Sempurna
a. Kebaikan
pasar persaingan sempurna
Kebaikan
utama dari pasar persaingan sempurna adalah perlombaan menuju tingkatan
efisiensi penggunaan faktor produksi lebih baik. Secara umum dapat dirinci
sebagai berikut :
·
Menggunakan sumber daya secara
efisien artinya seluruh sumber daya yang tersedia sepenuhnya digunakan. Proses
menuju cara yang paling efisien tersebut akan membawa pada peningkatan
efisiensi penggunaan faktor produksi.
·
Adanya kebebasan bertindak dan
memilih. Hal ini sangat bermanfaat untuk membawa para pengelola perusahaan pada
peningkatan kreatifitas sehingga pada akhirnya kewirausahaannya akan terus
mengalami peningkatan.
b.
Kelemahan pasar persaingan sempurna
Ada juga beberapa kelemahan dari pasar persaingan
sempurna, secara umum dapat dirinci sebagai berikut :
·
Tidak mendorong adanya inovasi
Penemuan suatu teknologi mudah di contoh oleh
perusahaan lain, pengembangan teknologi dan teknik produksi yang lebih baik
dianggap tidak memperoleh keuntungan di masa depan dan kemajuan teknologi hanya
terbatas pada perusahaan besar.
·
Adakalanya menimbulkan ongkos
sosial, seperti adanya pencemaran dan lain sebagainya.
·
Membatasi pilihan konsumen, artinya
barang yang dihasilkan homogen maka konsumen mempunyai pilihan yang terbatas
untuk mene
·
Ongkos produksi dalam pasar persaingan
sempurna mungkin lenih tinggi menentukan barang yang dikonsumsinya. sebagai akibat adanya trial and error dan persaingan.
·
Efisiensi penggunaan sumber-sumber
daya tidak selalu menciptakan pemerataan distribusi pendapat, artinya
perekonomian pasar permintaan ditentukan oleh corak produk perusahaan, dan akan
berpengaruh terhadap penggunaan sumber daya.
·
Apabila eksploitasi penggunaan input
tidak dibatasi bisa menimbulkan kerusakan pada sumber ekonomi, akibat adanya perlombaan
penggunaan sumber ekonomi yang dimaksud.
E. Contoh
Produk Yang Dijual



F. Kebaikan
Dan Keburukan
Kebaikan
pasar persaingan sempurna
·
Menggunakan sumber daya secara
efisien artinya seluruh sumber daya yang tersedia sepenuhnya digunakan. Proses
menuju cara yang paling efisien tersebut akan membawa pada peningkatan
efisiensi penggunaan faktor produksi.
·
Adanya kebebasan bertindak dan
memilih. Hal ini sangat bermanfaat untuk membawa para pengelola perusahaan pada
peningkatan kreatifitas sehingga pada akhirnya kewirausahaannya akan terus mengalami
peningkatan.
Kelemahan pasar persaingan sempurna
Ada juga
beberapa kelemahan dari pasar persaingan sempurna, secara umum dapat dirinci
sebagai berikut :
·
Tidak mendorong adanya inovasi
·
Penemuan suatu teknologi mudah di
contoh oleh perusahaan lain, pengembangan teknologi dan teknik produksi yang
lebih baik dianggap tidak memperoleh keuntungan di masa depan dan kemajuan
teknologi hanya terbatas pada perusahaan besar.
·
Adakalanya menimbulkan ongkos
sosial, seperti adanya pencemaran dan lain sebagainya.
·
Membatasi pilihan konsumen, artinya
barang yang dihasilkan homogen maka konsumen mempunyai pilihan yang terbatas
untuk mene
·
Ongkos produksi dalam pasar
persaingan sempurna mungkin lenih tinggi menentukan barang yang dikonsumsinya.
·
sebagai akibat adanya trial and
error dan persaingan.
·
Efisiensi penggunaan sumber-sumber
daya tidak selalu menciptakan pemerataan distribusi pendapat, artinya
perekonomian pasar permintaan ditentukan oleh corak produk perusahaan, dan akan
berpengaruh terhadap penggunaan sumber daya.
·
Apabila eksploitasi penggunaan input
tidak dibatasi bisa menimbulkan kerusakan
pada sumber ekonomi, akibat adanya perlombaan penggunaan sumber ekonomi
yang dimaksud.
Kesimpulan
Pasar persaingan sempurna
(penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di
pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan.
Ciri-ciri
:
1.
Perusahaan adalah price taker
Price taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan
yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa
pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas
harga pasar yang berlaku. Harga pasar ditentukan oleh interaksi antara
keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual.
2.
Tiap perusahaan mudah keluar atau
masuk
Sekiranya perusahaan rugi,dan ingin meninggalkan industri
tersebut,maka langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada
perusahaan yang ingin melakukan kegiatan di industri itu,produsen dengan mudah
melakukan kegiatan yang diinginkannya.
3.
Menghasilkan barang homogen
Maksudnya adalah tidak terdapat perbedaan yang nyata
diantara barang-barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan perusahaan
lainnya. Sehingga barang-barang ini tidak mudah dibeda-bedakan.
Karenanya,pembeli tidak dapat membedakan manakah produksi dari perusahaan A dan
manakah produksi dari perusahaan B.
4.
Pembeli mempunyai pengetahuan yang
sempurna mengenai pasar
Dalam pasar persaingan sempurna ini dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Tapi dimisalkan juga kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut.
Dalam pasar persaingan sempurna ini dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Tapi dimisalkan juga kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut.
Penutup
Demikianlah
makalah yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para
pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan
kalimat yang kurang jelas, dimengerti, Karena kami hanyalah manusia biasa yang
tak luput dari kesalahan Dan kami juga sangat mengharapkan saran dan kritik
dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Sekian penutup dari kami
semoga dapat diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya.
Daftar Pustaka
Sumber : http://id.shvoong.com/business-management/1971685-ciri-ciri-pasar-pesaingan-sempurna/#ixzz1OSjNZGjY
Tidak ada komentar:
Posting Komentar