Wavy Tail Batman Begins - Diagonal Resize 2

burung

Jumat, 12 Desember 2014


PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
 






NAMA KELOMPOK
1.      DEDI ANJAR WIBOWO
2.      MUHAMMAD  ISA
3.      ANI ASMARANI
4.      JAKA PURWANTO
MANAJEMEN PAGI D

FAKULTAS EKONOMI
MANAJEMEN
UNIVERSITAS PEKALONGAN

Daftar isi

Cover                                                                                                               i
Daftar isi                                                                                                          ii
Kata pengantar                                                                                                 iii
A.Definisi Pasar Persaingan Sempurna                                                            1
B.Ciri – ciri Pasar Persaingan Sempurna                                                          2
C. Empat kemungkinan kedudukan kegiatan perusahaan                               3
D.Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna                               4
E.Contoh Produk Yang Dijual                                                                        6
F. Kebaikan Dan Keburukan                                                                           7
Kesimpulan                                                                                                      9
Penutup                                                                                                            10
Daftar Pustaka                                                                                                 11






                                                                                                                                                     

Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahnat, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam pasar persaingan sempurna.
Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan inovasi bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini kami akui masih ada beberapa kekurangan karena ada beberapa bahan yang kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.


A. Definisi Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna (penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan rfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai peapakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.
Dalam pasar persaingan sempurna jumlah perusahaan sangat banyak dan kemampuan setiap perusahaan dianggap sedemikian kecilnya, sehinga tidak mampu mempengaruhi pasar. Beberapa karakteristik agar sebuah pasar dapat dikatakan pasar persaingan sempurna yaitu :
  1. Semua perusahaan memproduksi barang/produk yang homogenitas. Produk yang homogen adalah produk yang mampu memberikan kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya.
  2. Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan atau informasi yang sempurna. Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual sehingga konsumen tidak akan mengelami perlakuan harga jual yang berbeda dari suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
  3. Output sebuah perusahaan relative kecil dibandingkan dengan output pasar. Jumlah output setiap perusahaan secara inividu dianggap relative kecil dibandingkan dengan jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.
  4. Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar dengan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar karena perusahaan tidak mampu mempengaruhi harga pasar.
  5. Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar, hal ini disebabkan oleh adanya faktor mobilitasnya tidak terbatas dan tak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memindahkan faktor produksi.
B. Ciri – ciri Pasar Persaingan Sempurna
a.       Perusahaan adalah price taker
Price taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga pasar ditentukan oleh interaksi antara keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual.
b.      Tiap perusahaan mudah keluar atau masuk
Sekiranya perusahaan rugi,dan ingin meninggalkan industri tersebut,maka langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada perusahaan yang ingin melakukan kegiatan di industri itu,produsen dengan mudah melakukan kegiatan yang diinginkannya.
c.       Menghasilkan barang homogen
Maksudnya adalah tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang-barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sehingga barang-barang ini tidak mudah dibeda-bedakan. Karenanya,pembeli tidak dapat membedakan manakah produksi dari perusahaan A dan manakah produksi dari perusahaan B.
d.      Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
Dalam pasar persaingan sempurna ini dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Tapi dimisalkan juga kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut. Dampaknya,para produsen tidak bisa menjual produknya dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.
e.      Peran promosi dalam pasar persaingan ini tidak begitu sempurna karena banyak penjual yang menjual barang yang sama
f.        Informasi dalam pasar pesaingan sempurna tidak begitu sempurna dikarenakan penjual cenderung mengambil keputusan sendiri dalam mengambil suatu keputusan. Contoh : penjual dalam menaikkan harga barang tidak melakukan sepihak melainkan melakukannya sendiri.
g.      Hambatan perusahaan masuk kedalam pasar yaitu terlalu banyaknya perusahaan yang menjual barang yang sama, selisih harga yang yang berbeda
C.   Empat kemungkinan kedudukan kegiatan perusahaan
a.      Mendapat keuntungan luar biasa
Perusahaan mendapat untung luar biasa apabila harga (P) lebih tinggi dari biaya rata-rata minimum (AC), sehingga perusahaan masih mendapatkan keuntungan per unit. Untuk memperoleh keuntungan total dapat dilakukan dengan menalikan keuntungan per unit dengan total output yang dijual oleh produsen.

b.       Mendapat keuntungan normal
Perusahaan mendapat keuntungan normal apabila total penerimaan persis sama dengan total biayanya atau keuntungan sama dengan nol. Kondisi ini terjadi saat harga (P) sama dengan biaya rata-rata (AC) minimum. Pada kondisi ini dikatakan perusahaan mempunyai keuntungan normal karena perusahaan masih dapat menikmati keuntungan karena memiliki aset biaya tetap.
c.       Perusahaan mengalami kerugian, tetapi masih dapat membayar biaya variabel
Perusahaan dapat dikatakan mengalami kerugian tetapi masih dapat membayar biaya variabel, apabila posisi harga berada dibawah AC dan diatas AVC. Artinya pada posisi tersebut, perusahaan memperoleh hasil penjualan tetapi kelebihan tersebut belum dapat menutup semua biayanya. Dalam keadaan seperti ini perusahaan akan meneruskan usahanya karena bila tidak akan mengalami kerugian lebih besar yaitu sebesar biaya tetap.
d.      Perusahaan berada pada titik gulung tikar
Perusahaan berada pada titik gulung tikar apabila harga yang terbentuk sama dengan biaya variabel atau P=AVC. Pada posisi ini kerugian perusahaan amat besar karena hasil penjualan kurang dari biayanya.
D.  Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna
a.      Kebaikan pasar persaingan sempurna
Kebaikan utama dari pasar persaingan sempurna adalah perlombaan menuju tingkatan efisiensi penggunaan faktor produksi lebih baik. Secara umum dapat dirinci sebagai berikut :
·         Menggunakan sumber daya secara efisien artinya seluruh sumber daya yang tersedia sepenuhnya digunakan. Proses menuju cara yang paling efisien tersebut akan membawa pada peningkatan efisiensi penggunaan faktor produksi.
·         Adanya kebebasan bertindak dan memilih. Hal ini sangat bermanfaat untuk membawa para pengelola perusahaan pada peningkatan kreatifitas sehingga pada akhirnya kewirausahaannya akan terus mengalami peningkatan.
b.      Kelemahan pasar persaingan sempurna
Ada juga beberapa kelemahan dari pasar persaingan sempurna, secara umum dapat dirinci sebagai berikut :
·         Tidak mendorong adanya inovasi
Penemuan suatu teknologi mudah di contoh oleh perusahaan lain, pengembangan teknologi dan teknik produksi yang lebih baik dianggap tidak memperoleh keuntungan di masa depan dan kemajuan teknologi hanya terbatas pada perusahaan besar.
·         Adakalanya menimbulkan ongkos sosial, seperti adanya pencemaran dan lain sebagainya.
·         Membatasi pilihan konsumen, artinya barang yang dihasilkan homogen maka konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk mene
·         Ongkos produksi dalam pasar persaingan sempurna mungkin lenih tinggi menentukan barang yang dikonsumsinya. sebagai akibat adanya trial and error dan persaingan.
·         Efisiensi penggunaan sumber-sumber daya tidak selalu menciptakan pemerataan distribusi pendapat, artinya perekonomian pasar permintaan ditentukan oleh corak produk perusahaan, dan akan berpengaruh terhadap penggunaan sumber daya.
·         Apabila eksploitasi penggunaan input tidak dibatasi bisa menimbulkan kerusakan  pada sumber ekonomi, akibat adanya perlombaan penggunaan sumber ekonomi yang dimaksud.
E.  Contoh Produk Yang Dijual
beras.jpg
wheat-8845_640.jpg

F.   Kebaikan Dan Keburukan
Kebaikan pasar persaingan sempurna
·         Menggunakan sumber daya secara efisien artinya seluruh sumber daya yang tersedia sepenuhnya digunakan. Proses menuju cara yang paling efisien tersebut akan membawa pada peningkatan efisiensi penggunaan faktor produksi.
·         Adanya kebebasan bertindak dan memilih. Hal ini sangat bermanfaat untuk membawa para pengelola perusahaan pada peningkatan kreatifitas sehingga pada akhirnya kewirausahaannya akan terus mengalami peningkatan.
Kelemahan pasar persaingan sempurna
Ada juga beberapa kelemahan dari pasar persaingan sempurna, secara umum dapat dirinci sebagai berikut :
·         Tidak mendorong adanya inovasi
·         Penemuan suatu teknologi mudah di contoh oleh perusahaan lain, pengembangan teknologi dan teknik produksi yang lebih baik dianggap tidak memperoleh keuntungan di masa depan dan kemajuan teknologi hanya terbatas pada perusahaan besar.
·         Adakalanya menimbulkan ongkos sosial, seperti adanya pencemaran dan lain sebagainya.
·         Membatasi pilihan konsumen, artinya barang yang dihasilkan homogen maka konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk mene
·         Ongkos produksi dalam pasar persaingan sempurna mungkin lenih tinggi menentukan barang yang dikonsumsinya.
·         sebagai akibat adanya trial and error dan persaingan.
·         Efisiensi penggunaan sumber-sumber daya tidak selalu menciptakan pemerataan distribusi pendapat, artinya perekonomian pasar permintaan ditentukan oleh corak produk perusahaan, dan akan berpengaruh terhadap penggunaan sumber daya.
·         Apabila eksploitasi penggunaan input tidak dibatasi bisa menimbulkan kerusakan  pada sumber ekonomi, akibat adanya perlombaan penggunaan sumber ekonomi yang dimaksud.




Kesimpulan
Pasar persaingan sempurna (penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan.
Ciri-ciri :
1.      Perusahaan adalah price taker
Price taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga pasar ditentukan oleh interaksi antara keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual.
2.      Tiap perusahaan mudah keluar atau masuk
Sekiranya perusahaan rugi,dan ingin meninggalkan industri tersebut,maka langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada perusahaan yang ingin melakukan kegiatan di industri itu,produsen dengan mudah melakukan kegiatan yang diinginkannya.
3.      Menghasilkan barang homogen
Maksudnya adalah tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang-barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sehingga barang-barang ini tidak mudah dibeda-bedakan. Karenanya,pembeli tidak dapat membedakan manakah produksi dari perusahaan A dan manakah produksi dari perusahaan B.
4.      Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
Dalam pasar persaingan sempurna ini dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Tapi dimisalkan juga kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut.
Penutup
Demikianlah makalah yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti, Karena kami hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan Dan kami juga sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Sekian penutup dari kami semoga dapat diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.















Daftar Pustaka













Tidak ada komentar:

Posting Komentar